Tuesday, April 11, 2017

CARA MEMBUAT SEPATU YANG BERBAHAN DASAR DARI KULIT

Kalau kita sudah melakukan refensi untuk menentukan bahan apa yang ingin kita pakai dalam proses pembuatan sepatu, selanjutnya ikuti tahap-tahap yang di bawah ini.
1. Proses pertama, buat pola atau bentuk sepatu yang kita inginkan, atau kamu mungkin bisa mengintip-mengintip terlebih dahulu dari buku atau refensi lainnya. Untuk pola yang akan kamu buat sepatu, bisa kamu sesuaikan dengn model yang lagi trend jaman sekarang ini. Bukan hanya itu, pola sepatu yang akan dibuat kalau bisa sinkron dengan kenyamanan kamu ketika memakainya.
2. Tahapan kedua, selanjutnya kamu pangkas dan jahit yang kamu buat dengan bahan kulit yang tadi. Jahitan potongan ini biasa disebut dengan KAP atau atasan sepatu. Kemudian jahitannya lengkapi dengan sebuah lapisan, yang kamu pakai bisa dari kain TDR atau kamu berkeinginan untuk lebih nyaman lagi pakai lapisan KAP sepatu yang terbuat dari spon hlem.
3. Tahapan yang satu ini, kamu bisa mulai untuk menentukan sol sepatu kulit yang akan dipakai. Sol akan juga menentukan model yang akan kita buat dalam proses pembentukan sepatu kulit.
4. Sesudah menentukannya, kemudian tentukan juga sebuah cetakan sepatu yang akan disesuaikan dengan sol sepatu yang sudah dibuat. Sebuah sepatu cetakan generik yang terbuat dai bahan kayu atau bahannya dari triplex tebal akan mudah untuk dibentuk.
5. Kalau sudah selesai atau beres, kita akan bisa menempelkan kap sepatu pada cetakan tadi. Kemudian lakukan proses ini sehingga kap sepatu akan bisa membentuk seperti pada biasa yang kamu lihat disepatu.
6. Untuk step kali ini, saat menempelkan kap sepatu pada cetakan tadi harus teliti. Satu lagi saat melakukan proses kap sepatu ini benar-benar akan membentuk seperti sepatu pada umumnya kamu lihat.
NB: Untuk menempelkan kap sepatu pada cetakan wajib kita lakukan seteliti mungkin, tarik pada bagian kap sepatu sampai benar-benar separti sepatu      pada umumnya.
7. Langkah berikut ini saatnya memasang sol sepatu. Untuk sol sepatu kalau bisa ketika dipasang pada sisi bawah cetakan sampai sisi bagian sol dan kap menyatu. Tahapan ini harus diteliti juga saat melakukannya, dikarenakan pada sisi bagian ini pada umumnya kekuatan akan membentuk untuk sepatu protesis akan bisa diuji kuantitas serta kualitasnya.
Tambahan, gunakan lem sepatu yang berkualitas dengan tujuan agar saat merekatkan sol sepatu dan kap yang kita sudah siapkan tadi akan kuat. Selain itu untuk menambahkan kekuatan pada tempelan sol sepatu yang kamu buat, sesudah tahapan perekatan sebaiknya banyak yang menyarankan kita menunggu lem tersebut sampai mengering dan betul-betul kuat paripurna dengan kap. Durasi yang diperukan untuk tahapan ini merupakan kurang dari satu malam, lebih cepat.
8. Proses atau tahapan selanjutnya yang tidak begitu kalah krusialnya, yakni melepaskan cetakan sepatu. Selain itu untuk menjadi sepatu kulit yang seutuhnya, cetakan juga diwajibkan untuk dilepas dari kap dan sol sepatu. Akan tetapi pastikan kap serta sol sepatu yang telah kamu rekatkan dengan lem sepatu agar tetap menyatu sebaik mungkin.
9. Berikutnya , sesudah kita melepaskan sepatu. Tahapan berikutnya silahkan untuk mengecat sepatu, proses ini dapat kita lakukan dengan memakai cat yang disemprot atau jenis alat cat yang lainnya. Kamu bisa meluapkan ide kamu dan kreasikan kreatifmu ke dalam rona sepatu yang akan dibuat. Umumnya rona sepatu berwarna hitam dan coklat.
Kombinasi rona bisa kamu coba jika itu memungkinkan, akan tetapi yang kamu ingat adalah sepatu yang akan kamu jadikan itu bahan dasarnya kulit, kalau bisa imbas dengan warna mewah dan elegan. Selain itu juga harus tetap inheren dan protesis pada sepatu kulit yang dibuat untuk kamu sendiri atau seseorang.
10. Ini tahap terakhir, yakni kita bisa menempelkan spon sepatu yang tujuannya adalah agar nyaman ketika dipakai. Kamu juga bisa menambahkan lemekan, atau yang lainnya. Bahkan kamu bisa beri tambahan yakni gambar timbul atau aksesoris tambahan. Pokoknya bisa dikreasikan sesukamu.
11. Sepatu kulit sudah kamu jadikan melalui tahap yang melelahkan dan kali ini bisa dipakai.
Terakhir kalinya, sekian untuk belajar tentang asal-usul sepatu dan cara pembuatannya dengan bahan kulit. Selain berbahan kulit, sepatu protesis sendiri juga bisa dicoba bahannya dari kain celana jeans yang kusut tidak terpakai. Tahapannya untuk membuat sederhana, untuk langkah-langkahnya sama seperti proses pembuatan sepatu kulit pada umumnya.
Hanya pembuatan jenis ini yang tidak membutuhkan cetakan. Itupun baik dari kap ataupun sol sepatu langsung direkatkan dengan lem sepatu. Namun untuk peroses membuat lebih rinci, barangkali nanti kita akan belajar lagi jika ketemu lagi dengan konten yang berbeda. Jika ada salah kata atau penjelasannya. bisa kamu tambahkan di kolom komentar. Terimakasih.
Semoga konten ini dapat membantu kita untuk menambah wawasan, dalam mengetahui beragam hal mengenai sepatu atau cara membuatnya. Semoga berhasil dan selamat untuk mencoba.

No comments:

Post a Comment

Template Designed by Mastemplate