Thursday, April 6, 2017

Cara Mudah Mengenakan Sepatu yang Terlalu Besar


Anda baru saja pulang dari toko sepatu dan sudah tidak sabar untuk mencoba sepasang sepatu baru yang sangat keren. Anda pakai sepatu itu, teryata sepatu tersebut terlalu longgar. apakah Anda pernah mengalaminya ? Dan untuk memperbaiki sepasang sepatu yang terlalu besar sebelum Anda harus mengembalikannya ke toko. 
Mungkin Anda bisa menyiasatinya dengan cara berikut ini :


  1. Kenakan sepasang kaus kaki yang lebih tebal (atau beberapa pasang kaus kaki). Mungkin cara paling mudah yang dapat Anda lakukan untuk membuat sepasang sepatu longgar agar muat dengan lebih baik adalah dengan "menggembungkan" kaki Anda menggunakan lapisan kaus kaki yang lebih tebal. Sebagai contoh, Anda dapat mencoba mengganti sepasang kaus kaki formal atau stocking yang ketat dengan sepasang kaos kaki crew yang tebal. Anda bahkan dapat mengenakan dua atau tiga pasang kaus kaki di atas satu sama lain — semakin tebal ganjalannya, semakin pas kaki Anda di dalam sepatu tersebut.
    • Paling cocok untuk: Sepatu olahraga, sepatu bot.
    • Catatan: Kiat ini dapat menjadi pilihan yang tidak nyaman di cuaca panas, terutama jika kaki Anda cenderung berkeringat.
  2. Ganjal bagian jari kaki dari sepatu Anda. Saat terdesak, Anda dapat menggunakan bahan-bahan murah yang dikepal (seperti kertas tisu, tisu toilet, atau bahkan kain lap tipis) untuk mengisi ruang pada bagian ujung sepatu Anda. Kiat ini merupakan pilihan yang bagus jika Anda merasa kaki Anda kerap meluncur dari bagian depan ke bagian belakang sepatu saat Anda berjalan — terlebih lagi, menggajal sepatu adalah sesuatu yang bisa Anda lakukan hampir di mana saja.
    • Paling cocok untuk: Sepatu bersol rata, sepatu bot, sepatu berhak tinggi dengan ujung tertutup.
    • Catatan: bukan pilihan yang sangat baik untuk situasi yang berhubungan dengan kegiatan olahraga atau untuk berjalan lama — bahan "pengganjal" bisa jadi menjijikkan dan tidak nyaman karena pemakaian dalam waktu lama.

  3. Gunakan sebuah insole. Insole adalah bantalan lembut (biasanya terbuat dari bahan busa atau gel) yang ditempatkan di bawah kaki di dalam sepatu Anda untuk memberikan bantalan dan sokongan pada kaki. Insole sering digunakan untuk membantu orang yang mengalami masalah postur tubuh atau ketidaknyamanan, namun benda ini juga berguna untuk mengisi ruang berlebih dalam sepatu yang terlalu longgar. Insole dapat dibeli dengan harga cukup terjangkau di sebagian besar tempat yang juga menjual sepatu.
    • Cocok untuk: Hampir semua jenis sepatu (termasuk sepatu berhak dan sepatu berujung terbuka).
    • Catatan: Jika diperbolehkan, coba kenakanlah terlebih dahulu setiap insolesebelum membelinya untuk memastikan benda itu nyaman dipakai. Insole dari merek ternama seperti Dr. School dan Foot Petals menawarkan insole yang nyaman dan awet, namun insole berkualitas dari merek apa pun juga dapat berfungsi dengan baik.[1]Insole kelas atas dapat mencapai harga US$50 (sekitar Rp674.750,00) atau lebih namun memberikan kenyamanan dan sokongan berkualitas tinggi.

  4. Gunakan bantalan untuk pangkal jari pada telapak kaki. Terkadang, menambahkan insole "penuh" ke dalam sepasang sepatu membuatnya terasa tidak nyaman atau aneh saat dipakai. Untungnya, alat pengganjal yang lebih kecil biasanya dijual bersama dengan insole. Salah satu alat yang berguna untuk sepatu yang terlalu besar adalah bantalan parsial yang diletakkan tepat di bawah pangkal jari pada telapak kaki Anda (bagian yang berada tepat sebelum jari-jari kaki Anda mulai). Bantalan terpisah yang sulit terlihat ini memberikan gesekan dan selapis tipis sokongan, membuat alat ini sempurna untuk sepatu berhak tinggi yang hanya sedikit terlalu besar dan menjadi tidak nyaman ketika menggunakan insole penuh.[2]
    • Paling cocok untuk: Sepatu hak tinggi, sepatu bersol rata.
    • Catatan: Alat ini biasanya terdiri dalam berbagai warna, sehingga Anda dapat mencoba memilih bantalan kaki yang warnanya mendukung sepatu Anda jika mau.

  5. Gunakan heel strip. Pilihan bantalan "parsial" lain yang sejajar dengan insol dan bantalan pangkal jari kaki adalah ganjalan berupa setrip tipis yang terkadang disebut "heel strip" atau "heel grip". Seperti namanya, bantalan berperekat ini sering digunakan untuk mengganjal sepatu hak tinggi yang tidak nyaman dan menyakitkan. Akan tetapi desainnya yang seperti setrip ini membuat Anda dapat memasukkannya hampir di mana saja di dalam sepatu untuk mengisi kelebihan ruang yang ada — sangat cocok untuk sepasang sepatu yang tidak cocok diganjal dengan apa pun.
    • Paling cocok untuk: Sebagian besar sepatu, terutama sepatu berhak tinggi.
    • Catatan: Cobalah alat ini terlebih dahulu sebelum menggunakannya dan ketahuilah bahwa sejumlah pengguna melaporkan kulit yang melepuh setelah penggunaan "heel strip" ini.

No comments:

Post a Comment

Template Designed by Mastemplate